Chat with us, powered by LiveChat
selamat datang di kingkongBOLA.com, DAPATKAN PROMO MENARIK Cashback sd 10%

Kemenangan Kroasia Buat Inggris Sang Legenda Sepak Bola Terdiam Tanpa Kata

Kemenangan Kroasia Buat Inggris Sang Legenda Sepak Bola Terdiam Tanpa Kata

Ketika babak perempat final Piala Dunia 2018 di Rusia kemarin menjadi saksi bisu kemenangan Kroasia terhadan Inggris. Sebagian besar masyarakat mengira jika sang juaranya memang Inggris, mengingat si juara bertahan yaitu Jerman sudah pulang duluan karena kalah melawan Korea Selatan. Sayangnya takdir berkata lain dimana timnas Kroasia berhasil mengungguli goal dan melaju ke pertandingan final berikutnya dan memberikan ucapan selamat tinggal bagi Inggris.

Sebelumnya negara penemu permainan sepak bola tersebut selalu masuk ke babak final, salah satu contohnya seperti di Piala Dunia tahun 1966. Pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate merasa kecewa karena menganggap jika kesempatan seperti ini belum tentu terjadi lagi di beberapa periode kedepan. Oleh sebab itulah kemarin ia sempat mendesak anak didiknya agar mampu mencetak sejarah baru di Piala Dunia 2018.

Inggris Tak Dibekali Pemain Unggulan

Kabarnya, salah satu penyebab kekalahan Inggris atas Kroasia dikarenakan tidak adanya pemain profesional. Hal ini kemudian disadari masyarakat sejak awal sehingga tidak banyak pula pendukung negara tersebut saat berlaga di lapangan. Southgate hanya memasukkan beberapa nama besar saja, diantaranya seperti Raheem Sterling, Harry Kane, dan Jordan Henderson. Berbeda dengan timnas negara lain dimana hampir sebagian pemainnya didominasi penyerang terbaik yang ditaruh di lini depan dan pertahanan sehingga formasinya semakin kuat. Padahal sebelum pertandingan dimulai, Southgate mengaku apabila para pemainnya begitu bersemangat dan ambisius memenangkan pertandingan melawan Kroasia. Terlebih lagi negara tersebut mempunyai prestasi dan pengalaman final tidak lebih banyak bila dibandingkan dengan mereka. Nampaknya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar dan sikap meremehkan dari Inggris malah menjadi senjata makan tuan. Bahkan mereka mengakui apabila sepanjang sejarah dalam Piala Dunia, Kroasia menjadi lawan paling tangguh dan sulit ditaklukkan. Berikut ini adalah daftar para pemain Inggris dan Kroasia:

Kroasia:

Ante Rebic (Andrej Kramaric 101′), Danijel Subasic, Domagoj Vida, Ivan Rakitic, Dejan Lovren, Sime Vrsaljko, Ivan Strinic (Ivan Strinic 95′), Luka Modric (Milan Badelj 119′), Ivan Perisic, Marcelo Brozovic, Mario Mandzukic (Verdan Corluka 115′)
Pelatih: Zlatko Dalic

Inggris:

Jordan Pickford, Jordan Henderson (Eric Dier 97′), Ashley Young (Danny Rose 91′), Harry Maguire, John Stones, Kyle Walker (Jamie Vardy 112′), Harry Kane, Kieran Trippier, Dele Alli, Jesse Lingard, Raheem Sterling (Marcus Rashford 74′).
Pelatih: Gareth Southgate

Serunya Pertandingan Inggris vs Kroasia

Selama permainan berlangsung antara Inggris vs Kroasia begitu meriah, bahkan ada salah satu momen paling mengejutkan dimana Presiden Kroasia menyempatkan hadir dan menonton langsung di stadion. Tentu hal tersebut memberikan semangat tersendiri bagi para pemainnya agar bisa berjuang lebih keras lagi dalam mengalahkan tim legendaris yang masuk dalam jejeran tim terkuat di dunia.

Di babak pertama, inggris memang lebih unggul 1-0 dan mendominasi lapanngan sehingga banyak pihak memprediksi kalau The Three Lions bakal menang lagi. tendangan goal tersebut diciptakan oleh salah satu pemain andalan mereka yaitu Kieran Trippier di menit ke-5. Sungguh suatu awal yang begitu cepat untuk merebut posisi lebih unggul dibandingkan dengan lawan mainnya. Akan tetapi hal tersebut tak berselang lama karena pemain Kroasia, Ivan Perisic berhasil membobol gawang Inggris di menit ke-68. Belum sempat membalas, Mario Mandzukic kembali memberikan goal sekaligus menjadi penutup manis kemenangan atas Kroasia. Sorak sorai para pendukungnya begitu ramai sehingga membuat area Luzhniki Stadium begitu meriah. Dengan perolehan 2-1 dimana Kroasia telah berhasil mengalahkan Inggris dan mencetak sejarah baru dalam ajang Piala Dunia 2018.

Fakta Pertandingan Inggris Vs Kroasia

Ini bukan kali pertama Inggris harus berhadapan dengan Kroasia di satu lapangan, tetapi sudah yang kedepapan kalinya. Jika Inggris sudah sering sekali melaju ke babak final Piala Dunia, berbeda halnya dengan Kroasia dimana kemarin merupakan momen pertama bagi timnas mereka merasakan euforia babak akhir turnamen paling bergengsi tersebut. Mengenai Inggris dan Kroasia, ternyata ada beberapa fakta menarik yang patut diketahui, diantaranya seperti berikut ini!

  1. Kedua tim pernah beberapa kali salingbertanding di turnamen besar diamana Inggris jauh lebih unggul. Misalnya saja di Piala Eropa tahun 2004 saat penyisihan grup, Inggris menang melawan Kroasia dengan skor 4-2.
  2. Pertemuan di Piala Dunia Rusia 2018 ini menjadi laga yang kedelapan kali diantara kedua timnas negara. Inggris telah memenangkan laga sebanyak empat kali sedangkan Kroasia hanya dua kali saja dan sisanya seri.
  3. Lolos ke dalam babak final merupakan satu prestasi bagus bagi Kroasia dan tim mereka sebenarnya sudah dua kali tampil di semifinal. Yang terakhir adalah di turnamen Piala Dunia tahun 1998 silam.

Rahasia Besar Kemenangan Kroasia Akhirnya Terkuak

Belum pernah masuk final Piala Dunia, lalu apakah yang membuat Kroasia menang lawan Inggris? Mengingat timnas dari negara tersebut sudah beberapa kali mondar-mandir di perhelatan Piala Dunia dari masa ke masa dan pernah merasakan posisi kemenangan. Meskipun perolehan skor kemenangan sangat tipis yaitu 2-1, tetapi usaha Kroasia menaklukkan The Three Lions patut diacungi dua jempol. Menurut Jerry Massie, salah satu pengamat Politik Indonesian Publin Institute atau IPI, kemenangan tersebut dikarenakan adanya semangat dan dukungan dari tiap tim. Bahkan bukan hanya sang pelatih saja yang membrikan support tetapi Presiden Kroasia yaitu Kolinda Grabar hadir langsung dan memberikan motivasi kepada mereka. Bahkan ketika mengalahkan timnas Inggris, Presiden Grabar mendatangi ruang istirahat pemain dan memeluk mereka satu persatu. Ungkapan bangga dan senang begitu terpancar dari wajah semua pemain Kroasia sekaligus sang presiden itu sendiri.

Tak hanya karena suntikan motivasi yang membangkitkan semangat saja, sang pelatih, Zlatko Dalic mengungkapkan rahasia lainnya lagi. Salah satu kunci kesuksesan tersebut adalah berusaha mematikan peran penting dari Jordan Henderson serta John Stones selaku pemain andalan Inggris. Terlebih lagi lawannya tersebut kekurangan pemain hebat sehingga dapat mempermudah mereka melemahkan pertahanan. Caranya yaitu dengan bermain keras di bagian lini belakang dan menutup kedua pemain incaran tersebut. Rupanya siasat jitu itu benar-benar efektif sehingga pemain Kroasia dapat menembus gawang Inggris sebanyak dua kali goal.

Jika masyarakat luas menganggap kemenangan Kroasia atas Inggris merupakan kemujuran belaka atau bantuan dari sang Dewi Fortuna, hal tersebut tentu saja salah besar. Ada banyak faktor melatarbelakangi pertandingan, diantaranya semangat, support atau motivasi, dan strategi cerdas dari sang pelatih. Nampaknya pelatih Kroasia tau benar jika menghadapi Ingrgis di babak semi final Piala Dunia 2018 bukan perkara enteng. Setelah delapan kali bermain dalam satu lapangan, membuat mereka begitu hafal bagaimana gerakan timnas The Three Lions dengan sangat baik. Tak hanya memanfaatkan keadaan serta kelemahan saja melainkan Kroasia juga melakukan pergerakan cepat di bagian lini belakang dimana terdapat dua pemain unggulan Inggris tengah memperkuat pertahanan. Alhasil ketika formasinya bubar, Ivan Perisic yang saat itu jadi bintang utama berhasil mencetak goal manis sebagai penutup kemenangan Kroasia.


Artikel Terkait Berita Bola

WhatsApp chat