Chat with us, powered by LiveChat
selamat datang di kingkongBOLA.com, DAPATKAN PROMO MENARIK Cashback sd 10%

Mengenal Lebih Luas Mengenai Sejarah Pertandingan Piala Dunia

Mengenal Lebih Luas Mengenai Sejarah Pertandingan Piala Dunia

Sekarang ini sedang heboh berita mengenai kompetisi bergengsi Piala Dinia 2018 yang diselenggarakan di Rusia. Jumlah dari tim nasional atau resmi ada 32 yang juga merupakan anggota dari FIFA. Turnamen ini sendiri merupakan yang ke-21 dimana rutin diadakan setiap empat tahun sekali. Kabarnya, Rusia terpilih sebagai tan rumah karena banyaknya pertimbangan seperti berada dekat dengan Eropa. Mengingat wilayah tersebut mempunyai mayoritas tim sepak bola besar yang turut serta dalam Piala Dunia. Beberapa kota serta stadion dipilih berdekatan dengan perbatasan Eropa sehingga dapat menghemat waktu bagi para pesertanya. Turnamen internasional ini digelar mulai dari tanggal 14 Juni 2018 kemarin dan berakhir di babak final pada hari Minggu, 15 Juli 2018.

Sejarah Piala Dunia yang Panjang

Kehebohan pertandingan Piala Dunia yang diadakan tiap empat tahun sekali di salah satu negara tertentu sebagai tuan rumah memang memberikan kesan tersendiri. Namun tahukah Anda jika acara olahraga terbesar di dunia ini mempunyai sejarah panjang? Bahkan sebelum Perang Dunia ke 2, turnamen sepak bola tersebut sudah berjalan dan semakin berkembang dengan pesat.

Secara umum Piala Dunia merupakan kompetisi sepak bola secara internasional, diikuti oleh seluruh anggota tim dari berbagai macam negara. Akan tetapi hanya yang tergabung dalam FIFA atau Fédération Internationale de Football Association saja diperbolehkan ikut mendaftar menjadi peserta. FIFA sendiri adalah suatu badan atau organisasi besar yang bertugas mengatur olahraga sepak bola di seluruh dunia. Tradisi Piala Dunia pertama kali diadakan pada tahun 1930, namun di 1942 sampai 1946 dihentikan sejenak akibat dampak Perang Dunia 2 dan diadakan kembali setelahnya.

Sebelum Perang Dunia ke-2

Sebelum terbentuknya Piala Dunia, turnamen sepak bla internasional masih masuk ke dalam Olimpiade olahraga. Akan tetapi Presiden Jules Rimet selaku pemimpin organisasi FIFA memberikan ide untuk membuat suatu turnamen sendiri. Jadi tidak lagi masuk dalam Olimpiade dan mempunyai pertandingan sendiri khusus untuk sepak bola saja. Akhirnya pada tanggal 28 Mei 1928, diselenggarakan sebuah kongres FIFA bertempat di Amsterdam, Belanda. Kemudian diputuskan apabila FIFA World Cup resmi berdiri dan untuk pertama kalinya Uruguay menjadi tuan rumah. Selain karena Uruguay memegang kejuaraan sebanyak dua kali juga memperingati seratus tahun kemerdekaannya di tahun 1930.

Sayangnya belum banyak tim menjadi peserta dan turut meramaikan turnamen tersebut. Alasan utama yaitu terkendala jarak karena mereka harus melalui perjalanan panjang bahkan menghabiskan biaya mahal untuk sampai ke negara Uruguay. Sebagian besar negara di Eropa tidak mampu menjanjikan kalau tim-tim sepak bolanya akan hadir dan mengikuti pertandingan. Akhirnya kompetisi tersebut hanya diikuti oleh 13 negara saja, diantaranya 7 tim dari amerika Selatan, 2 dari Amerika Utara dan 4 dari Eropa.

Cara Menentukan Kualifikasi Piala Dunia

Tidak seperti pertandingan olahraga pada umumnya dimana semua peserta yang berhasil lolos langsung mengikuti final. Dalam FIFA Wolrd Cup, proses kualifikasi dilakukan paling cepat tiga sampai dua tahun sebelumturnamen final berlangsung. Jadi tidak heran bila penentuan tim atau negara peserta sekaligus tuan rumah sudah ditetapkan sejak bertahun-tahun lamanya. Misalnya saja tahapan memilih tuan rumah Piala Dunia 2018 sampai 2022 sudah dilakukan sejak bulan Januari 2009 silam dimana berbagai negara akan mencalonkan diri dan diseleksi secara ketat.
Terdapat enam zona pembagian benua dalam FIFA diantaranya Asia, Afrika, Amerika Tengah dan Karibia, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa dan Oseania. Setiap bagian tersebut mempunyai konfederasi perwakilan FIFA yang mengurus calon tim atau peserta turnamen beserta pemilihannya. Sementara itu ada hak istimewa berlaku dalam Piala Dunia dimana negara tuan rumah akan secara otomatis lolos ke turnamen final. Sebelumnya hak tersebut berlaku juga untuk tim yang menjadi juara bertahan pada Piala Dunia 1938 sampai 2001. Akan tetapi peraturan telah diubah menjadi juara bertahan mulai tahun 2006 sampai seterusnya harus turut serta mengikuti proses kualifikasi supaya adil.

Bentuk Hadiah Piala Dunia

Yang paling populer jika membahas hadiah turnamen Piala Dunia adalah trofi berdesain unik yaitu Dewi Kemenangan Yunani bernama Nike. Untuk pertama kalinya didesain oleh Abel Lafleur dengan bentuk seorang dewi bersayap yang memanggul cawan. Trofi tersebut terbuat dari perak asli dan murni, kemudian dilapisi oleh emas. Saking indahnya maka sering pula disebut “The Golden Goddess”.

Beberapa tahun kemudian trofi pertama sengaja dibuatkan desain baru dari seorang pematung asal Italia yaitu Silvio Gazzaniga. Bentuknya sangat unik dimana seorang manusia berdiri dan memegang bumi bulat. Trofi baru terbuat dari emas 18 karat dengan bagian alas dari malasit. Peraturan sebelumnya memperbolehkan tim pemenang Piala Dunia menyimpan trofi ali tersebut. Akan tetapi hal tersebut berhenti dilakukan sehingga tim pemenang hanya diberikan replikanya saja yang terbuat dari perunggu berlapis emas. Sementara itu piala Asli World Cup ada di FIFA World Football Museum, Zurich, Swiss sebagai barang pajangan sekaligus bukti sejarah.

Tak hanya mendapatkan sebuah trofi kemenangan saja melainkan adanya uang bernilai fantastis bahkan jika dirupiahkan mencapai triliunan. Akan tetapi dalam setiap turnamen Piala Dunia tidak selalu memberikan hadiah uang dalam jumlah sama besar. Misalnya saja pada tahun 2018 ini dikabarkan jumlahnya akan meningkat 12 persen dari sebelumnya. Meskipun begitu tetap ada perhitungan mengenai pembagian hasil uang kemenangan untuk masing-masing pihak terkait.

Itulah ulasan singkat mengenai sejarah pertandingan Piala Dunia yang diselenggarakan oleh perusahaan sepak bla terbesar FIFA. Pada awal pertama kali dibentuk memang kurang mendapat perhatian karena adanya berbagai macam kendala. Bahkan hanya berhasil diikuti sebanyak 13 tim peserta saja sehingga terbilang sepi. Akan tetapi sekarang ini turnamen World Cup menjadi satu-satunya pertandingan sepak bola bergengsi di dunia. Pihak FIFA sendiri berhasil meraup pendapatan sampai milyaran dollar tiap empat tahun sekali dari kompetisi tersebut. Untuk negara yang ingin menjadi tuan rumah maka harus rela mengeluarkan uang sebesar 10 milyar Dollar Amerika. Misalnya saja seperti Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 dimana telah menghabiskan dana 11,8 milyar Dollar atau lebih dari 140 Triliun Rupiah. Apalagi turnamen akan diselenggarakan di 11 kota berbeda sehingga membutuhkan persiapan besar, mulai dari pembukaan, penyambutan kedatangan tim serta negara peserta atau sebagainya.

Dengan hadiah besar yang ditawarkan maka tidaklah heran kalau tim di tiap negara bersemangat ikut menjadi peserta. Terlebih lagi tuan rumah, meskipun menghabiskan banyak dana tetapi akan mendapatkan banyak keuntungan. Misalnya saja akan masuk ke babak final secara otomatis, mendapatkan perhatian dunia, dan kesempatan menang dalam Piala Dunia 2018. Ditambah lagi adanya penambahan uang kemenangan sebanyak 12 persen sehingga membuat turnamen tahun ini semakin meriah daripada biasanya.


Artikel Terkait Berita Bola

WhatsApp chat