selamat datang di kingkongBOLA.com, DAPATKAN PROMO MENARIK Cashback sd 10%

Tim Sepak Bola Piala Dunia yang Paling Mengecewakan Sepanjang Sejarah

Tim Sepak Bola Piala Dunia yang Paling Mengecewakan Sepanjang Sejarah

Di dalam ajang Piala Dunia, ternyata ada begitu banyak hal menarik sekaligus membuat masyarakat terkejut. Biasanya sebagian besar berita paling disorot hanya yang bagus saja, misalnya para pemain legendaris, pemain terbaik, goal terbanyak, tim dengan penghargaan terbanyak dan lain sebagainya. Namun, tahukah Anda ternyata dalam Piala Dunia juga terdapat suatu hal buruk seperti tim yang sangat mengecewakan? Faktanya, mulai dari pertandingan World Cup FIFA pertama pada taun 1930 di Uruguay sampai 2018, ada serangkaian kejadian menghebohkan. Misalnya saja peristiwa pembunuhan, tewasnya salah seorang pemain, kasus suap dan korupsi, perkelahian, adu jotos dan lainnya. Selain itu satu hal lagi yang begitu ramai disorot adalah mengenai beberapa timnas dengan peforma paling buruk, diantaranya sebagai berikut:

  1. Korea Selatan
    Pada Piala Dunia tahun 1954 silam, terjadi suatu peristiwa tak terlupakan bahkan menjadi sejarah sepanjang masa. Korea Selatan membuat ulah yaitu mempermalukan timnasnya sendiri dengan melakukan berbagai macam kesalahan fatal. Mereka telah kebobolan goal sebanyak 16 kali dalam dua pertandungan. Parahnya, tidak ada satupun pemain berhasil menciptakan goal ke gawang lawan. Hal ini kemudian membuat negara Gingseng tersebut pulang dengan menahan rasa kecewah berkepanjangan. Padahal sebelumnya permainan tim tersebut begitu apik dimana berhasil lolos mewakili Benua Asia dalam ajang Piala Dunia tahun 1954. Mereka telah menyingkirkan Jepang saat seleksi di Tokyo dengan jumlah perolehan skor 5-1.
    Ketika pertandingan berlangsung, Korea Selatan menghadapi Hungaria yang merupakan timnas paling kuat dan populer pada saat itu. Dipelopori oleh bintang andalan, Ferenc Puskas, Hungaria berhasil membabat habis lawan mainnya tersebut dengan skor menakjubkan yaitu 9-0. Seperti semut melawan seekor gajah, Korea Selatan sama sekali dibuat menangis karena kalah tanpa mencetak satupun angka. Meskipun mengalami kegalalan, fakta mengejutkan terjadi dimana kipper Hong Deok-Young mempunyai karier bagus setelah kejadian tersebut yaitu menjadi wasit serta pelatih sepak bola.
  2. Bolivia
    Tim nasional dari negara Bolivia dijuluki tim paling buruk, terlebih lagi ketika bermain dalam laga Piala Dunia pertama kali tahun 1930 di Uruguay. Di babak pertama, tim mereka berhadapan dengan Yugoslavia dan dimotori oleh Diogenes Lara tetapi mengalami kekalahan 4-0. Pertandingan setelahnya, Bolivia melawan Brazil dan harus gagal lagi dengan total skor sama seperti sebelumnya yaitu 4-0. Dengan begitu jumlah kebobolan timnas mereka sebanyakn 8 goal dan parahnya lagi tidak berhasil memberikan satupun angka. Sementara itu muncul fakta menarik setelah kegagalan tim Bolivia yaitu Victor Agustin Ugarte selaku kepala timnas malah bermain di Copa Amerika 1963 dan memenangkan kejuaraan tersebut.
  3. Indonesia
    Bukankah kita merasa amat bangga ketika tim nasional kebanggaan Indonesia berhasil masuk Piala Dunia? Saat itu negara kita tengah melawan Hungaria, salah satu tim nasional yang menjadi runner-up World Cup. Karena para pemain Indonesia masih sangat muda dan kurang berpengalaman di kancah internasional maka akhirnya harus mengalami kekalahan. Perolehan nilai turnamen tersebut sangat mengecewakan yaitu 6-0 dimana Indonesia tidak mempunyai peluang sama sekali untuk mencetak goal.
    Pada tahun 1958, Indonesia sebenarnya pernah lolos dari babak kualifikasi dengan mengandalkan pemain terbaik yaitu Ramang. Akan tetapi, keinginan untuk menang nampaknya sudah pupus karena kalah melawan Israel. Selain faktor potensi pemain, alasan kekalahan tersebut yaitu karena masalah politis yang mengharuskan Indonesia mundur bersama dengan Sudan serta Mesir.
  4. Amerika Serikat
    Menjadi negara adidaya dan adikuasa ternyata tak lantas membuat Amerika Serikat menang Piala Duia 1954 dengan mudah. Ketika itu AS melawan Italia pada babak pertama yang digelar secara bersamaan. Timnas dari italia sendiri dimotori oleh pemain handal bernama Angelo Schiavio dan juga Guiseppe Meazza. Keduanya berhasil membobol gawang AS dengan perolehan skor tragis, 7-1. Pertandingan yang digelar di Stadion Nazionale PNF Roma tersebut sangat ramai sorak sorai penonton karena kejadian tersebut. Dari salah satu media massa Amerika Serikat menuliskan jika kipper Julius Hjulian dari Chicago cukup beruntung karena tidak membuat keadaannya makin buruk. Dari peristiwa tersebut bisa dilihan jika permainan tim AS bisa dianggap sangat buruk karena hanya memasukkan satu goal saja sedangkan lawannya sebanyak 7 kali.
  5.  Zaire
    Zaire adalah salah satu negara yang terletak di Benua Afrika. Tim nasional mereka berhasil masuk laga bergengsi di Piala Dunia 1974. Meskipun lolos ke babak turnamen menjadi prestasi tersendiri namun tim tersebut sempat dianggap sebagai “Badut Piala Dunia”. Hal ini dikarenakan permaian Zaira begitu kampungan, kurang cerdas dan primitif. Ditambah lagi kelakukan beberapa pemainnya yang urakan dan dikatakan badung. Fakta menariknya adalah ternyata mereka tidak dibayar sama sekali oleh pemerintah Zaire. Kemudian selama pertandingan berlangsung, timnya kalah dari negara lain seperti Skotlandia dengan skor 2-0. Setelah itu melawan Yugoslavia dengan jumlah skor 9-0 karena dibabat habis tanpa ampun. Hal paling mengejutkan dan aneh terjadi saat Zaire melawan Brazil dan kalah 3-0. Pada saat permainan berlangsung, pemainnya Mwepu Ilunga menendang bola di dinding pertahanan yang kemudian mendapatkan kartu kuning oleh wasit.
  6. Korea Utara
    Ketika Piala Dunia 2010 diselenggarakan, Korea Utara dicap sebagai timnas paling buruk. Pada permainan babak pertama melawan Brazil, mereka kalah dengan skor 2-1. Karena selisih angka sangatlah tipis maka Korea Utara masih berbangga hati, terutama ketika Ju-Yun Nam mencetak goal di menit terakhir. Namun hal berbeda terjadi ketika menghadapi Brazil di tahun 1966 dimana merka malah kalah 7-0. Tidak ada kesempatan membuat goal sama sekali sehingga membuat Korea Utara dianggap sebagai tim nasional terburuk sepanjang sejarahnya.
  7. Arab Saudi
    Arab Saudi bermain di laga Piala Dunia 1994, 1998, dan pada tahun 2002 menjadi peristiwa bersejarah bagi timnas mereka. Negara tersebut membuat permulaan yang sangat buruk sehingga mendapatkan predikat sebagai tim paling mengecewakan. Pertandingan pertama tengah melawan Jerman dan kemudian kalah dengan perolehan 8-0. Selanjutnya menghadapi Kamerun dari Afrika namun juga berhasil dikalahkan oleh sang lawan dengan perolehan sangat tipis yaitu 1-0. Pada babak terakhir, Arab Saudi melawan Irlandia tetapi juga kalah telak 3-0. Sepanjang turnamen Piala Dunia tersebut, negara kaya raya ini sama sekali tidak memberikan tembakan goal ke gawang lawan. Padahal di ajang sebelumnya timnas mereka sempat menjadi kebanggaan dan favorit dunia terutama pada tahun 1994 dan 1998. Sementara itu ada kabar mengejutkan dimana kipper Arab Saudi, Mohamed Al-Daeyea masih berlaga dalam Piala Dunia sejak dua periode sebelumnya.

Itulah informasi mengenai tim sepak bola dengan permainan paling buruk selama ajang Piala Dunia sejak tahun 1930 silam. Meskipun berhasil lolos sampai turnamen besar tersebut tetapi tidak menjamin jika tim nasional dari negara tertentu memang merupakan sosok potensial dan profesional.


Artikel Terkait Berita Bola